The Great Biz

...Helping people to get success....

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Wellness News
Wellness News

Madu efektif redakan sinusitis

E-mail
 

Madu Efektif Redakan Sinusitis

 
 

BEIJING, KOMPAS.com — USC University Hospital melaporkan bahwa madu dapat membantu meredakan sinusitis kronis.

Satu studi laboratorium yang dilakukan di University of Ottawa menemukan bahwa "penghapus kuman alamiah" yang terkandung di dalam madu dapat membunuh bakteri yang mengakibatkan sinusitis", demikian ditulis oleh Xinhuanet-OANA.


Beberapa peneliti menguji coba madu pada bahan "biofilm" yang berisi bakteri sinusitis, dan mendapati bahwa madu sesungguhnya lebih efektif dalam membunuh bakteri dibandingkan dengan anti-biotik, yang digunakan secara tradisional.

  

Direktur Pediatric Clinical Research di Penn State Dr Ian Paul mengomentari studi baru tersebut. "Bakteri tidak berkembang secara baik di dalam madu! Ada data bahwa madu mujarab untuk mengobati luka, dalam memusnahkan bakteri yang berkembang pada luka. Jadi, sama sekali tidak mengejutkan bahwa madu akan efektif dalam membunuh bakteri ini."

Dr Paul dan satu tim di Penn State College of Medicine menyelesaikan satu studi lain tahun lalu, yang mendapati bahwa madu lebih efektif dibandingkan dengan obat batuk komersial dalam meredakan batuk pada anak-anak.

Ada dua jenis madu yang ditemukan para peneliti Kanada tersebut terbukti paling efektif terhadap sinusitis: madu Manuka dari Selandia Baru dan madu Sidr dari Yaman.
 
Sumber Kompas : Jumat, 20 Maret 2009 | 17:24 WIB
Last Updated on Thursday, 24 September 2009 10:45
 

5 Nutrisi Untuk Turunkan Tekanan Darah

E-mail

5 Nutrisi Top Untuk Turunkan Tekanan Darah


Komponen diet tertentu bisa membantu menurunkan atau mempertahan tekanan darah yang sehat. Pastikan Anda mengikutsertakan 5 komponen nutrisi top berikut ke dalam daftar diet Anda untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium.
Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa diet rendah sodium tidak akan berhasil jika kandungan kalium diet juga rendah. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi kalium dan rendah sodium bisa membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mencapai hasil kesehatan yang maksimal, para peneliti merekomendasikan rasio perbandingan kalium dengan sodium sebesar 5:1. Pada umumnya, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber kalium terbaik, khususnya buah dan sayuran yang berwarna terang.

Mineral.
Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk sistem saraf. Kekurangan magnesium ditandai dengan gejala seperti tekanan darah tinggi, retensi air dan depresi. Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol karena alkohol menguras magnesium dan mengurangi kemampuan tubuh menyerap magnesium dari makanan. Kelebihan konsumsi alkohol merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Salah satu mineral penting lainnya, kalsium, tidak bisa berfungsi tanpa magnesium. Dua jenis mineral ini bekerja bersama meningkatkan fungsi saraf, kesehatan tulang, serta tekanan darah normal. Kacang-kacangan mentah (dalam jumlah sedang jika Anda kelebihan berat badan) dan biji-bijian merupakan sumber yang bagus untuk mendapatkan magnesium dan produk susu rendah lemak sumber yang baik untuk mendapatkan kalsium.

Vitamin C.
Vitamin C sangat penting untuk melawan stroke. Sebuah studi yang dipublikasikan di journal stroke tahun 2002, dengan melibatkan 2000 partisipan selama lebih dari 10 tahun menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, khususnya yang memiliki tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan memiliki risiko stroke yang lebih tinggi. Buah-buahan dan sayuran berwarna terang merupakan sumber terbaik dari vitamin C dan tentu saja Anda bisa mendapatkan kalium sekaligus.

Asam lemak omega-3.
Makanan seperti salmon, mackerel dan biji rami yang dihancurkan bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dengan cara menurunkan kolesterol dan risiko aterosklerosis (pengerasan dinding arteri).

Serat.
Buah, sayur-sayuran dan beras murni mengandung serat, tepung havermot dan apel khususnya mengandung serat yang larut dalam air. serat membantu mengurangi dan mencegah pembentukan kolesterol dalam arteri, yang sekaligus juga akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) menemukan bahwa diet yang kaya buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak disertai dengan lemak jenuh rendah dan total lemak rendah secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah. Semua nutrisi di atas merupakan komponen dari diet DASH dan tentu saja akan membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi Anda.
Last Updated on Thursday, 24 September 2009 10:30
 

5 Nutrisi yang paling diperlukan

E-mail
5 Nutrisi yang Paling Diperlukan

Jumat, 20 Maret 2009 | 15:43 WIB

Lebih dari 75% wanita tidak mencukupi kebutuhan hariannya akan vitamin atau mineral. Mengonsumsi multivitamin memang baik, namun hal itu tetap tidak akan menggantikan nutrisi yang sesungguhnya. Bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung. Di bawah ini Anda dapat melihat jenis vitamin dan mineral apa saja yang Anda butuhkan:

Vitamin D
Mengapa diperlukan: Vitamin D membantu Anda mempertahankan tulang yang kuat, mendongkrak imunitas, dan mencegah sel-sel kanker tumbuh, demikian menurut studi dari Harvard University. Suatu panel ahli menyatakan bahwa wanita di bawah usia 50 tahun membutuhkan 10 kali lebih banyak daripada yang direkomendasikan setiap hari.

Bagaimana mendapatkannya: Minum dua gelas susu yang mengandung vitamin D setiap hari. Selain itu, berjemur di bawah sinar UV juga memicu kulit untuk memproduksi vitamin D. Berjemurlah hingga 15 menit di udara terbuka antara pukul 11.00-14.00 dua kali seminggu. Gunakan krim matahari dengan SPF 8 atau di bawahnya, kata Joan Pleuss, R.D., ahli nutrisi dari Medical College of Wisconsin di Milwaukee. Namun jangan berlebihan melakukannya, apalagi jika keluarga Anda memiliki sejarah kanker kulit.

Magnesium
Mengapa diperlukan: Kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan migrain saat menstruasi, dan sakit kepala saat sedang stres, serta meningkatkan risiko diabetes.

Bagaimana mendapatkannya: Untuk pemula, makan saja seperti biasa. Dalam studi terakhir disebutkan, orang dewasa yang selalu sarapan, makan siang, makan malam, dan dua snack, lebih potensial memenuhi batas diet yang direkomendasikan (recommended dietary allowance, atau RDA) untuk magnesium, daripada yang tidak melakukannya. "Jumlah magnesium dalam makanan tidak banyak, jadi makan lebih banyak akan meningkatkan perbedaannya," ujar Pleuss. Bahan makanan yang paling dianjurkan: kacang-kacangan. Se-ons kacang jenis apa pun menawarkan 20% RDA (320 mg untuk wanita di atas 30 tahun).

Zat besi
Mengapa diperlukan: Kekurangan kadar zat besi dapat meningkatkan risiko anemia dan mengakibatkan kelelahan dan kerontokan rambut.

Bagaimana mendapatkannya: Adakan barbekyu! Tiga ons daging sapi menyediakan sekitar 20% RDA (18 mg untuk wanita di bawah 50 tahun). Begitu pula bila Anda mengonsumsi kedelai, tahu, bayam, meskipun zat besi dari bahan nabati tidak diserap dengan mudah oleh tubuh. "Tambahkan salad tomat atau potongan jeruk ke menu vegetarian. Vitamin C-nya akan membantu tubuh Anda memanfaatkan zat besi," papar Dee Sandquist, R.D., seorang juru bicara American Dietetic Association.

Kalsium
Mengapa diperlukan: Kalsium sering disebut sebagai pembangun tulang, namun mineral ini juga mengurangi gejala PMS, seperti perubahan mood dan kram perut, sekitar setengahnya. Riset yang diadakan Columbia University menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kalsium dengan cukup memiliki risiko yang lebih rendah (sebesar 31%) terhadap kanker payudara pramenopause, serta menurunkan risiko sebesar 11% terhadap tekanan darah tinggi.

Bagaimana mendapatkannya: Lengkapi sarapan Anda dengan sereal atau susu, maka Anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium Anda sebesar 51% daripada yang melewatkan sarapan atau memakan makanan lain. Pilih sereal degnan 10% atau lebih RDA (1.000 mg), makan satu sampai dua makanan berbahan susu setiap hari, dan konsumsi multivitamin yang mengandung kalsium.

Asam Folat
Mengapa diperlukan: Biasanya kita hanya mendengar bahwa asam folat dibutuhkan ibu hamil, namun semua wanita sebenarnya membutuhkannya. Riset membuktikan bahwa kekurangan asam folat akan meningkatkan risiko serangan jantung dan kanker usus besar.

Bagaimana mendapatkannya: Konsumsi salad. Wanita yang mengonsumsi salad setiap hari akan memenuhi RDA asam folat-nya sebesar 41% (400 mcg). Jika Anda hamil, ambil suplemen asam folat dengan RDA 100%.
Last Updated on Thursday, 24 September 2009 10:40
 


Page 4 of 4

Info Dokter